Telkom University Menambah 4 fakultas baru

telkom university creating the future telkom university creating the future telkom university creating the future

Telkom University Creating The Future – Empat fakultas baru yang merupakan pemekaran dari fakultas lama di Telkom University sudah diresmikan Jumat lalu. Namun serah terima jabatan dekan keempat fakultas itu baru dilakukan Selasa (8/4) pagi di Gedung Learning Center Lantai 5 Telkom University.

Keempat fakultas baru terdiri dari tiga fakultas teknik yakni Fakultas Teknik Elektro (FTE), Fakultas Rekayasa Industri (FRI), dan Fakultas Informatika (FI) yang merupakan pemekaran dari Fakultas Teknik. Sedangkan satu fakultas lagi adalah Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) yang sebelumnya bagian dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB). Maka, dengan Fakultas Industri Kreatif, jumlah fakultas yang ada di Telkom University saat ini ada tujuh fakultas.

Peresmian tiga fakultas teknik berlangsung cukup meriah di Gedung Serba Guna (GSG), Jumat (5/4) sore. Dekan Fakultas Teknik Ir. Ahmad Tri Hanuranto M.T mengatakan, proses pemekaran ketiga fakultas ini merupakan sebuah proses panjang yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah awal berdirinya STT Telkom pada tahun 1990.

“Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, STT Telkom kemudian beralih nama menjadi Institut Teknologi Telkom (ITT Telkom) pada tahun 2007, lalu bersatu menjadi Telkom University pada 2013. Ini semua dilakukan tentu agar fakultas ini menuju masa depan yang jauh lebih baik,” ujarnya.

Fakultas Teknik (Telkom Engineering School) dimekarkan menjadi tiga fakultas masing-masing Fakultas Teknik Elektro (School of Electrical Engineering), Fakultas Rekayasa Industri (School of Industrial Engineering), dan Fakultas Teknik Informatika (School of Computing).

Fakultas Teknik Elektro terdiri dari empat program studi yaitu S2 Teknik Elektro Telekomunikasi, S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Sistem/Teknik Komputer, dan S1 Teknik Fisika. Adapun Fakultas Rekayasa Industri terdiri dari dua program studi yaitu S1 Teknik Industri dan S1 Sistem Informasi. Sedangkan Fakultas Teknik Informatika terdiri dari tiga program studi yaitu S2 Informatika, S1 Informatika, dan S1 Ilmu Komputasi.

Pemekaran yang dilakukan oleh Telkom University tidak hanya pada Fakultas Teknik, tapi juga di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (School of Economics and Business) yang dikembangkan menjadi 2 (dua) fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (School of Communications and Business).

Fakultas Ekonomi Bisnis terdiri dari tiga program studi yaitu S2 Magister Manajemen (MM), S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI), dan S1 Akuntansi. Sedangkan Fakultas Komunikasi dan Bisnis terdiri dari dua program studi yaitu S1 Ilmu Komunikasi dan S1 Administrasi Bisnis.

Selain pemekaran ini, ada pula perpindahan program studi yang terjadi di Fakultas Ilmu Terapan (School of Applied Science) yang sebelumnya terdiri dari empat program studi menjadi enam program studi. Keempat program studi itu adalah D3 Manajemen Informatika, D3 Teknik Komputer, D3 Komputerisasi Akuntansi, D3 Pemasaran, D3 Perhotelan dan ditambahkan 2 (dua) program studi yang dipindahkan dari Fakultas Teknik, yaitu D3 Teknik Telekomunikasi dan D3 Teknik Informatika

Menurut Rektor Telkom University Prof. Ir. Mochamad Ashari,M.Eng., Ph.D, perubahan fakultas ini merupakan perubahan yang tidak dapat terhindarkan. Rektor yakin, perubahan ini pun tidak akan berhenti di sini karena ada rencana lain seperti membuka Telkom University di kota lain di Indonesia.

“Perubahan ini untuk maju. Seperti keluarga, waktu baru terbentuk rumahnya kecil RSS menjadi rumah yang lebih besar. Seperti tiga anak yang dulu tidur di satu ranjang. Setelah bertambah besar, mereka punya kamar masing-masing, lalu setelah dewasa mereka merantau mencari masa depan yang lebih baik,” katanya.

Serah terima dekan lama ke dekan baru dari fakultas ini dilangsungkan pada Selasa (8/4) pagi. Dekan Fakultas Teknik Ir. Ahmad Tri Hanuranto M.T menyerahkan tongkat estafetnya kepada dekan baru Fakultas Teknik Elektro Dr. Ir. Rina Pudji Astuti M.T., Dekan Fakultas Rekayasa Industri Dr. Ir. Dida Dyah Damayanti M.EngSC., dan Dekan Fakultas Teknik Informatika Dr. Maman Abdurohman S.T., M.T.

Sedangkan jabatan Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis diserahkan oleh Dr. Ir. Husni Amani, MM., M.Sc kepada Ir. Dodie Tricahyono M.M., Ph.D. Sedangkan Fakultas Komunikasi dan Bisnis untuk sementara dipimpim oleh Pelaksana Operasional Harian (POH) Dr. Jafar Sembiring. (KomPro/raf

Telkom University Creating The Future :
http://www.telkomuniversity.ac.id/index.php/article/telkom-university-resmi-menambah-empat-fakultas-baru

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar